KENAPA LO HARUS JADI WIRAUSAHAWAN DIGITAL

 

Kewirausahaan digital merupakan topik yang hangat di kalangan milenial saat ini, terlebih lagi ditengah pandemi yang tak berujung ini. Kewirausahaan digital identik dengan gerakan revolusi industri 4.0, karena syarat untuk terjadinya revolusi ini adalah dengan mengandalkan globalisasi. Namun apa arti kewirausahaan itu sendiri? Kewirausahaan adalah proses menentukan, mengembangkan, dan mewujudkan visi yang dapat berupa ide-ide inovatif, peluang, dan cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu. Hasil akhir dari proses ini adalah terciptanya perusahaan baru yang dibentuk di bawah kondisi risiko atau ketidakpastian. Secara Bahasa yang lebih simpel, kata dasar kewirausahaan berasal dari dua kata yaitu wira yang artinya ksatria, pahlawan, pejuang, unggul, pemberani, dan yang lainnya kata usaha yang artinya bekerja, melakukan sesuatu. Oleh karena itu, sejauh menyangkut arti kata tersebut, arti kewirausahaan adalah orang tangguh yang melakukan sesuatu. Kewirausahaan secara harfiah diartikan sebagai perantara, diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang dapat memadukan unsur kreativitas, cita rasa dan karya, atau dapat memadukan kreativitas, tantangan, usaha dan kemampuan berinovasi untuk mencapai prestasi maksimal. Wirausaha sendiri merupakan budaya manusia yang sudah lama kita lakukan, di dunia barat, wirausaha sudah dikenal sejak abad ke-16 dan di Indonesia sendiri sudah dikenal sejak abad ke 20. Namun, sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang.

            Kewirausahaan terus berkembang mengikuti pola hidup masyarakat pada saat itu, hingga akhirnya kewirausahaan berkembang menjadi kewirausahaan digital karena masyarakat saat ini yang semuanya serba digital. Menurut Guthrie (2014) usaha digital adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring elektronik. Wirausaha digital adalah subkategori dari kewirausahaan dimana organisasi tradisional yang bergerak secara fisik didigatalisasikan, sehingga wirausaha tradisional berubah dalam bentuk usaha baru di era digital (Hull et al., 2007; Le Dinh et al., 2018). Perkembangan digital yang pesat telah merubah dunia kewirausahaan, usaha digital yang dibangun oleh jaringan internet tidak hanya merubah pola hidup masyarakat namun juga merubah cara berlangsungnya kegiata usaha dengan membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis. Ekonomi digital membuka peluang bagi para wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik (Turban et al., 2008). Keberadaan dan jumlah wirausaha di suatu nengara menjadi penting adanya, karena jumlah wirausaha selalu dijadikan sebagai indikator tingkat kemajuan negara. Menjadi acuan, minimalnya harus minimal 2 persen dari jumlah penduduk adalah berprofesi sebagai wirausaha. Terlebih lagi ditengah pesatnya kemajuan teknologi penting bagi kita wirausahawan untuk selalu up to date akan apa yang sedang terjadi sehingga dapat terus menambah peluang kita.

            Indonesia khususnya di bidang teknis informasi memiliki peluang besar untuk berkembang. Indonesia memiliki banyak potensi, seperti jumlah penduduk yang besar, akses internet yang lebih mudah dan murah, serta tingkat penetrasi yang lebih tinggi. Indonesia sebagai negara memiliki potensi besar dalam pengembangan wirausaha baru. Menurut statistik, pada tahun 2030, penduduk usia produktif di Indonesia diperkirakan 60%, dimana 30% di antaranya adalah kaum muda yang berpotensi menjadi wirausaha. Gaya hidup digital yang berkembang saat ini sangat mendorong perkembangan startup dan telah memberikan akses pasar yang mudah kepada produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Memang tidak mudah untuk menggabungkan ilmu wirausaha dengan teknologi tetapi, banyak cara untuk mencari pengetahuan tentang itu dengan teknologi yang ada saat ini. Dengan banyaknya peluang yang ada di era ini betapa pentingnya bagi para wirausahawan untuk terus aktif mencari peluang-peluang usaha baru. Di era digital ini banyak sekali jenis-jenis saluran komunikasi baru seperti news website, blog, vlog, hingga media social, ada sesuatu yang baru di dalamnya yang dapat menciptakan peluang bisnis baru.

            Menurut Allen (2019) terdapat 5 dasar tipe bisnis digital, yakni;

  1. Content-Based Business berupaya untuk memberikan nilai kepada pelanggan dengan menyediakan konten yang spesifik dalam format digital. Konten ini dapat meliputi resep, artikel, video, webinar, panduan, dan masih banyak lagi. Tantangan utama dalam tipe bisnis ini adalah bagaimana mencari topik yang tepat, dan perlu upaya untuk melakukan pemutakhiran konten secara konsisten.
  2. Community-Based Business menawarkan nilai dengan cara menyediakan forum diskusi dan konten spesifik yang sebagian besar merupakan kontribusi dari penggunanya.
  3. Online Store, seperti yang banyak kita jumpai saat ini, merupakan platform penjualan produk barang atau jasa. Anda dapat memulai bisnis ini dengan bekerjasama dengan pengusaha lain yang memiliki produk bagus namun belum memahami bagaimana cara menciptakan toko daring. Kemudian, secara bertahap Anda dapat mengumpulkan data untuk memperoleh pemahaman terkait preferensi konsumen, dan menemukan peluang untuk cross-selling maupun upselling, atau bahkan berlangganan (subscription).
  4. Matchmaking Business berupaya untuk mempertemukan sekelompok orang yang sebelumnya tidak terhubung. Tentu saja bisnis ini bukan hanya terbatas pada platform perjodohan, namun juga dapat berupa platform untuk mempertemukan siswa dan guru les, pengasuh anak dan konsumen orang tua yang memerlukan pengasuh, atau bahkan antara ahli potong rambut/ahli make up dengan konsumen yang memerlukan jasa tersebut. Umumnya bisnis ini memperoleh pendapatan dari biaya berlangganan atau biaya transaksi ketika berhasil mempertemukan kedua belah pihak yang saling memerlukan.
  5. Promotion Business bertujuan untuk menarik pelanggan baru ke suatu bisnis yang sudah ada (existing). Sebagian besar business yang sudah ada (existing) tertarik untuk mendapatkan pelanggan baru namun cara untuk memperoleh pelanggan baru di dunia digital ini bisa sangat memusingkan bagi pemilik usaha kecil menengah atau start-up business. Promotion Business dapat menarik pelanggan baru dan membuat mereka melakukan kontak dengan suatu institusi bisnis, mengunduh informasi, memberikan kupon atau penawaran spesial.

Dengan mengetahui dan mempelajari tipe-tipe itu mudah bagi kita untuk menyesuaikan produk atau jasa apa yang bisa kita tawarkan ke masyarakat secara langsung maupun digital. Tentu dengan segala perkembangan teknologi digital ini akan timbul juga tantangan-tantangan baru untuk wirausahawan digital. Dengan cepatnya informasi beredar maka akan semakin cepat juga lahir kompetitor-kompetitor baru yang mungkin atau tidak mungkin lebih ahli dari kita. Selain itu juga competitor tidak datang hanya dari dalam negeri saja namun juga dari luar negeri, maka dari itu strategi marketing dan channel adalah hal yang sangat penting dalam melawan tantangan-tantangan ini. Menjadi seorang wirausahawan di era digital ini, kita tidak hanya harus berani mengambil resiko dan pintar melihat peluang saja, di dunia yang semakin pesat dan luas, maka kita harus berfikir dan bertindak dengan cepat dan luas pula. Seorang yang berani untuk menjadi seorang wirausahawan digital harus selalu siap untuk menghadapi perubahan dan beradaptasi dengan lingkungan-lingkungan usaha baru, wirausahawan digital juga tidak boleh minim ilmu, terlebih lagi ilmu digital adalah ilmu yang sangat dinamis.

            Era digital untuk beberapa wirausahawan dapat menjadi sebuah keuntungan atau kerugian, semua tergantung secerdik apa kita melihat peluang dan seberani apa kita untuk selalu berubah mengikuti zaman. Menjadi wirausahawan digital bukan hanya menjadi seorang pengusaha yang menjual barangnya di e-commerce, wirausahawan digital adalah wirausahawan yang pandai memahami apa yang terus dibutuhkan masyarakat di tengah globalisasi ini dan terus berfikir kreatif dan inovatif untuk membuat peluang-peluang baru yang tak dilihat oleh orang lain.


Semoga bermanfaat!

https://www.duniakampus40.net/?m=0

Comments

  1. good job! terus posting artikel menarik lainnya.

    ReplyDelete
  2. kerennn, jadi makin termotivasi buat jadi wirausaha✨

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

shut up, I'm in my feels;

Hey, you might like this movie! (a series)