KENAPA LO HARUS JADI WIRAUSAHAWAN DIGITAL
Kewirausahaan digital
merupakan topik yang hangat di kalangan milenial saat ini, terlebih lagi
ditengah pandemi yang tak berujung ini. Kewirausahaan digital identik dengan
gerakan revolusi industri 4.0, karena syarat untuk terjadinya revolusi ini
adalah dengan mengandalkan globalisasi. Namun apa arti kewirausahaan itu
sendiri? Kewirausahaan adalah proses menentukan, mengembangkan, dan mewujudkan
visi yang dapat berupa ide-ide inovatif, peluang, dan cara yang lebih baik
dalam melakukan sesuatu. Hasil akhir dari proses ini adalah terciptanya perusahaan
baru yang dibentuk di bawah kondisi risiko atau ketidakpastian. Secara Bahasa yang
lebih simpel, kata dasar kewirausahaan berasal dari dua kata yaitu wira yang
artinya ksatria, pahlawan, pejuang, unggul, pemberani, dan yang lainnya kata
usaha yang artinya bekerja, melakukan sesuatu. Oleh karena itu, sejauh
menyangkut arti kata tersebut, arti kewirausahaan adalah orang tangguh yang
melakukan sesuatu. Kewirausahaan secara harfiah diartikan sebagai perantara,
diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang dapat memadukan unsur
kreativitas, cita rasa dan karya, atau dapat memadukan kreativitas, tantangan, usaha
dan kemampuan berinovasi untuk mencapai prestasi maksimal. Wirausaha sendiri
merupakan budaya manusia yang sudah lama kita lakukan, di dunia barat,
wirausaha sudah dikenal sejak abad ke-16 dan di Indonesia sendiri sudah dikenal
sejak abad ke 20. Namun, sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti
adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal
maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi
berkembang.
Kewirausahaan terus berkembang mengikuti pola hidup
masyarakat pada saat itu, hingga akhirnya kewirausahaan berkembang menjadi
kewirausahaan digital karena masyarakat saat ini yang semuanya serba digital. Menurut
Guthrie (2014) usaha digital adalah penjualan produk atau jasa melalui jejaring
elektronik. Wirausaha digital adalah subkategori dari kewirausahaan dimana
organisasi tradisional yang bergerak secara fisik didigatalisasikan, sehingga
wirausaha tradisional berubah dalam bentuk usaha baru di era digital (Hull et al.,
2007; Le Dinh et al., 2018). Perkembangan digital yang pesat telah merubah
dunia kewirausahaan, usaha digital yang dibangun oleh jaringan internet tidak
hanya merubah pola hidup masyarakat namun juga merubah cara berlangsungnya
kegiata usaha dengan membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis. Ekonomi
digital membuka peluang bagi para wirausaha untuk menciptakan area bisnis yang
berbeda melalui model perdagangan elektronik (Turban et al., 2008). Keberadaan dan jumlah wirausaha di
suatu nengara menjadi penting adanya, karena jumlah wirausaha selalu dijadikan
sebagai indikator tingkat kemajuan negara. Menjadi acuan, minimalnya harus
minimal 2 persen dari jumlah penduduk adalah berprofesi sebagai wirausaha. Terlebih
lagi ditengah pesatnya kemajuan teknologi penting bagi kita wirausahawan untuk
selalu up to date akan apa yang
sedang terjadi sehingga dapat terus menambah peluang kita.
Indonesia khususnya di bidang teknis informasi memiliki
peluang besar untuk berkembang. Indonesia memiliki banyak potensi, seperti jumlah
penduduk yang besar, akses internet yang lebih mudah dan murah, serta tingkat
penetrasi yang lebih tinggi. Indonesia sebagai negara memiliki potensi besar
dalam pengembangan wirausaha baru. Menurut statistik, pada tahun 2030, penduduk
usia produktif di Indonesia diperkirakan 60%, dimana 30% di antaranya adalah
kaum muda yang berpotensi menjadi wirausaha. Gaya hidup digital yang berkembang
saat ini sangat mendorong perkembangan startup dan telah memberikan akses pasar
yang mudah kepada produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Memang tidak
mudah untuk menggabungkan ilmu wirausaha dengan teknologi tetapi, banyak cara
untuk mencari pengetahuan tentang itu dengan teknologi yang ada saat ini.
Dengan banyaknya peluang yang ada di era ini betapa pentingnya bagi para
wirausahawan untuk terus aktif mencari peluang-peluang usaha baru. Di era digital
ini banyak sekali jenis-jenis saluran komunikasi baru seperti news website,
blog, vlog, hingga media social, ada sesuatu yang baru di dalamnya yang dapat
menciptakan peluang bisnis baru.
Menurut Allen (2019) terdapat 5 dasar tipe bisnis digital,
yakni;
- Content-Based Business berupaya
untuk memberikan nilai kepada pelanggan dengan menyediakan konten yang
spesifik dalam format digital. Konten ini dapat meliputi resep, artikel,
video, webinar, panduan, dan masih banyak lagi. Tantangan utama dalam tipe
bisnis ini adalah bagaimana mencari topik yang tepat, dan perlu upaya
untuk melakukan pemutakhiran konten secara konsisten.
- Community-Based Business menawarkan
nilai dengan cara menyediakan forum diskusi dan konten spesifik yang
sebagian besar merupakan kontribusi dari penggunanya.
- Online Store, seperti yang
banyak kita jumpai saat ini, merupakan platform penjualan produk barang
atau jasa. Anda dapat memulai bisnis ini dengan bekerjasama dengan
pengusaha lain yang memiliki produk bagus namun belum memahami bagaimana
cara menciptakan toko daring. Kemudian, secara bertahap Anda dapat
mengumpulkan data untuk memperoleh pemahaman terkait preferensi konsumen,
dan menemukan peluang untuk cross-selling maupun upselling,
atau bahkan berlangganan (subscription).
- Matchmaking Business berupaya
untuk mempertemukan sekelompok orang yang sebelumnya tidak terhubung.
Tentu saja bisnis ini bukan hanya terbatas pada platform perjodohan, namun
juga dapat berupa platform untuk mempertemukan siswa dan guru les,
pengasuh anak dan konsumen orang tua yang memerlukan pengasuh, atau bahkan
antara ahli potong rambut/ahli make up dengan konsumen yang memerlukan
jasa tersebut. Umumnya bisnis ini memperoleh pendapatan dari biaya
berlangganan atau biaya transaksi ketika berhasil mempertemukan kedua
belah pihak yang saling memerlukan.
- Promotion Business bertujuan
untuk menarik pelanggan baru ke suatu bisnis yang sudah ada (existing).
Sebagian besar business yang sudah ada (existing) tertarik untuk
mendapatkan pelanggan baru namun cara untuk memperoleh pelanggan baru di
dunia digital ini bisa sangat memusingkan bagi pemilik usaha kecil
menengah atau start-up business. Promotion Business dapat menarik
pelanggan baru dan membuat mereka melakukan kontak dengan suatu institusi
bisnis, mengunduh informasi, memberikan kupon atau penawaran spesial.
Dengan mengetahui dan
mempelajari tipe-tipe itu mudah bagi kita untuk menyesuaikan produk atau jasa
apa yang bisa kita tawarkan ke masyarakat secara langsung maupun digital. Tentu
dengan segala perkembangan teknologi digital ini akan timbul juga
tantangan-tantangan baru untuk wirausahawan digital. Dengan cepatnya informasi
beredar maka akan semakin cepat juga lahir kompetitor-kompetitor baru yang
mungkin atau tidak mungkin lebih ahli dari kita. Selain itu juga competitor tidak
datang hanya dari dalam negeri saja namun juga dari luar negeri, maka dari itu
strategi marketing dan channel adalah hal yang sangat penting dalam melawan
tantangan-tantangan ini. Menjadi seorang wirausahawan di era digital ini, kita
tidak hanya harus berani mengambil resiko dan pintar melihat peluang saja, di
dunia yang semakin pesat dan luas, maka kita harus berfikir dan bertindak
dengan cepat dan luas pula. Seorang yang berani untuk menjadi seorang
wirausahawan digital harus selalu siap untuk menghadapi perubahan dan
beradaptasi dengan lingkungan-lingkungan usaha baru, wirausahawan digital juga
tidak boleh minim ilmu, terlebih lagi ilmu digital adalah ilmu yang sangat
dinamis.
Era digital untuk beberapa wirausahawan dapat menjadi
sebuah keuntungan atau kerugian, semua tergantung secerdik apa kita melihat
peluang dan seberani apa kita untuk selalu berubah mengikuti zaman. Menjadi wirausahawan
digital bukan hanya menjadi seorang pengusaha yang menjual barangnya di
e-commerce, wirausahawan digital adalah wirausahawan yang pandai memahami apa
yang terus dibutuhkan masyarakat di tengah globalisasi ini dan terus berfikir
kreatif dan inovatif untuk membuat peluang-peluang baru yang tak dilihat oleh
orang lain.
Semoga bermanfaat!
good job! terus posting artikel menarik lainnya.
ReplyDeletekerennn, jadi makin termotivasi buat jadi wirausaha✨
ReplyDeleteMantap kakak Inggit
ReplyDeleteinformatif bangettt
ReplyDeleteWahh jadi makin ingin berwirausha
ReplyDeleteMantap, informatif banget 👍
ReplyDeletewah
ReplyDeletekeren & informatif sekalii
ReplyDeletewah jd pengen mulai jadi wirausaha
ReplyDeleteKeren min
ReplyDeleteWahhhh menarik sekali ya kak
ReplyDeletewahh keren banget
ReplyDeleteKeren
ReplyDeleteinformatif bangett
ReplyDeletemantapp✨✨
ReplyDeleteKeren bangett✨✨
ReplyDeletebagus sekali..
ReplyDeleteNice info inggit
ReplyDeleteinformatif banget
ReplyDelete